Minggu, 18 November 2012

tips desain poster


Tips Desain Poster (Media Promosi) Yang Efektif. Sebagai suatu media yang sederhana poster dapat mengkomunikasikan sebuah informasi penting dari sebuah produk atau acara.dan biasanya paling dicari setelah proyek terbentuk atau berlangsung.

Kita tahu bahwa membuat sebuah poster dimulai dari sebuah halaman / lembar kerja kosong adalah pekerjaan yang mudah bagi seorang desainer. Dalam memulainya untuk mendapatkan inspirasi desainer bisa  melihat dan membayangkan pada sebuah halaman kosong tersebut bagaimana akan menuangkan pemikirannya dari kosong menjadi sebuah sketsa. Tapi pada saat waktu yang bersamaan, itu pun bisa menjadi sumber frustasi jika anda tidak tahu untuk memulainya!

Tips dalam membuat desain bisa efektif :
1. Mencari / Mendapatkan Perhatian
Untuk terlebih dahulu tentukanlah sebuah foto/objek yang bagus atau elemen grafis lainnya untuk mendukung dari apa yang akan kita buat.  Hal lainnya,  bisa juga pergunakan banyak ruang kosong untuk memiliki dampak yang berbeda selama bekerja. Dapat juga gunakan pertanyaan provokatif dengan menggunakan font tebal, untuk membuat orang berhenti dan kembali melihat poster tersebut.
Langkah ini sangat penting bagi poster, karena elemen inilah yang akan kita bangun/mempengaruhi pandangan orang lain.

2. Buatlah Sederhana Mungkin
Banyak orang tidak ingin melihat sebuah poster yang berisi terlalu banyak teks yang mereka harus baca baris demi baris! Ini bisa membuat bosan bagi para penikmat poster itu sendiri, usahakan gunakan kata-kata yang singkat meski tidak harus detail tentang isi dari poster tersebut
Dengan menggunakan warna dan elemen grafis, tempatkanlah ide-ide anda. anda bisa sedikit menyingkat sebuah informasi dengan memberikan alamat situs / url (misal : twitter, facebook, website, blog) kepada pembaca untuk dapat melihat rincian. gunakanlah media internet tersebut sebagai pendukung tambahan proyek anda.

3. Gunakan Font Besar
Anda bisa menggunakan font yang unik atau bisa juga dengan membuat font anda sendiri. Tapi pada saat yang sama, janganlah menggunakan font yang begitu mencolok, ini akan menimbulkan kesan yang kurang baik. Serta jangan gunakan terlalu banyak jenis font  poster, ini dapat memiliki dampak akhir yang berantakan. Satu lagi bila dalam sebuah poster ada sebuah keterangan yang banyak (mendekati bentuk kalimat panjang) usakan jangan gunakan list huruf karena itu akan menimbulkan kesan yang dipaksakan agar terlihat

4. Pikirkan Pembaca Informasi
Untuk menjadikannya sebuah informasi, mulailah membuat poster dengan bagian yang paling penting atas informasi tersebut dan menindaklanjuti dari statistik prioritas yang lebih rendah, yang tidak lain adalah logika polos dan sederhana.
Tempatkan informasi sedemikian rupa sehingga mata mengikuti salah satu bagian informasi menuju ke daerah bawah poster.

5. Pemilihan Warna Yang Tepat
Warna mempunyai efek yang begitu kuat karena langsung beradu dengan mata. oleh karena itu pilihan skema warna merupakan hal yang sangat penting.
Pelajarilah teori warna jika anda belum tahu dengan baik. anda bisa juga menggunakan pallette warna untuk desain poster jika anda tidak yakin. Gunakanlah citra untuk mendapatkan pujian terhadap nada warna.

6. Pikirkan Simetri
Ini mengenai keseimbangan desain poster yang bersangkutan dan merupakan salah satu kesalahan banyak desainer yang membuat posternya tidak mendapatkan perhatian. Janganlah membuat salah satu ujung poster terlalu ‘BERAT’ dengan informasi. 

semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang sudah tahu ataupun yang belum tahu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar